plastik biodegradable

Mengapa Plastik Biodegradable Diincar Sebagai Pengganti Plastik Biasa?

By administrator | Company, Technology | No Comments

Apa sih Plastik Biodegradable itu?

Jika Anda seorang pengusaha makanan minuman mungkin sering mendengar istilah ini. Plastik biodegradable atau plastik ramah lingkungan adalah jenis plastik baru yang turut meramaikan bisnis food and beverages di Indonesia.

Dibandingkan jenis plastik lain, plastik biodegradable merupakan teknologi baru yang memungkinkan benih plastik minyak bumi yang biasa kita temui hampir di setiap barang plastik, menjadi terurai secara alami. Jika plastik pada umumnya terurai hingga ratusan tahun, plastik biodegradable hanya membutuhkan waktu beberapa tahun (tergantung jenis campuran plastik).

Apakah Anda sering merasa khawatir jika dunia ini dipenuhi dengan sampah plastik? Banyak fakta yang telah menyebutkan salah satu polutan terbesar di alam adalah sampah plastik! Bahkan di Samudra Pasifik telah ditemukan pulau baru yang terbuat dari jutaan plastik. Ukurannya hampir seluas negara kita!

Jika Anda adalah seorang pebisnis, pelaku UMKM, pengusaha yang menggunakan plastik dalam wujud apapun di dalam produk Anda, serta ingin bertindak mengatasi masalah sampah plastik. Sekarang adalah waktu yang tepat.

Sebagai pebisnis maupun pelaku UKM, pasti banyak plastik yang Anda perlukan, baik itu sebagai pembungkus produk, maupun pengemasan untuk pengiriman. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan bahaya sampah plastik, harus ada inovasi baru dari pihak produsen.

Mengapa harus plastik yang mudah terurai?

Plastik yang mudah terurai, plastik ramah lingkungan, plastik eco-friendly. Semua nama tersebut bisa kita simpulkan sebagai jenis plastik biodegradable. Jenis plastik ini bekerja berbeda dari plastik pada umumnya jika mereka dibuang di tempat pembuangan.

BioPigmenia Membuat Plastik Ratusan Kali Lebih Cepat Mengurai

Plastik ini telah dicampur aditif (BioPigmenia) yang mampu membuat bakteri dan mikroorganisme didalam tanah lebih cepat memakannya. Mikroorganisme pengurai akan menemukan sebuah celah dan mengkonsumsi plastik tersebut dari dalam.

Kondisi tanah juga tidak mempengaruhi proses pembusukan plastik jenis ini, jika plastik biasa harus berada di lapisan tanah atas (aerobik), plastik biodegradable seperti BioPigmenia dapat mengurai bahkan di lapisan tanah dalam (anaerobik) sekalipun.

Hal ini menjadikan BioPigmenia dapat bekerja lebih cepat dibanding jenis plastik degradable lainnya.

Dengan ini plastik yang menumpuk bertahun-tahun di TPA akan lebih cepat habis. Ingatkah Anda bahwa TPA Bantar gerbang ditutup karena sudah tidak ada lagi lahan disekitarnya yang mampu menampung banyaknya sampah? Bahkan pemain film Hollywood Leonardo Dicaprio mengatakan TPA Bantar gerbang adalah tempat pembuangan sampah terbesar di dunia.

Simulasi Penguraian Plastik
bagaimana plastik BioPigmenia terurai di dalam tanah

Manfaat Bagi Anda Pengusaha Yang Menggunakan Plastik Ramah Lingkungan

Produk Anda menjadi brand yang lebih unggul di mata dunia.

Meskipun Indonesia sudah mulai peka dengan kesadaran iklim dan lingkungan, investor luar akan lebih menghargai produk Anda. Ini dapat menciptakan peluang usaha baru yang akan menjadi nilai plus bagi Indonesia di persaingan Internasional. Plastik biodegradable juga telah diproduksi masal untuk brand-brand luar yang sadar lingkungan.

Di luar negri Indonesia terkenal akan kerajinan lokal dan kekayaan alamnya. Apakah mungkin jika kedua itu kita gabungkan? Produk kita akan lebih menonjol jika menggunakan bahan-bahan alami. Namun karena industri, kekayaan alam kita mulai habis. Apa terobosan terbaru yang bisa kita jual?

Dukungan dari Pemerintah Indonesia Menuju Ekonomi Sirkular

Apa itu ekonomi sirkular?

Ekonomi sirkular berbeda dengan konsep ekonomi linear yang berprinsip beli, gunakan dan buang. Ekonomi sirkular prinsipnya adalah produksi, gunakan, gunakan berulang kali, daur ulang, perbaiki, gunakan lagi, lalu buang. Prinsip ini memiliki tujuan yang baik dalam mengembalikan pertumbuhan ekonomi.

Dan juga, ekonomi sirkular didirikan mendasar pada tiga prisnsip utamanya, yaitu perancagan limbah, polusi, penyimpanan produk dan bahan yang akan atau telah digunakan, dan meregenerasi sistem secara alami.

Kegiatan ini dilakukan dengan membangun dan meningkatkan sistem secara menyeluruh. Konsep berpegang pada pentingnya ekonomi di seluruh skala bisnis, baik itu bisnis besar, kecil, organisasi, individiu, global ataupun lokal.

Pemerintah sudah lama mencanangkan ekonomi sirkular. Jika kita jeli, ada beberapa produk yang telah memberikan logo Ecolabel di kemasan mereka. Sejak tahun 1990 Departemen Kehutanan dan MPI (Masyarakat Perhutani Indonesia) mulai serius menggalakan Ecolabel ke seluruh lapisan masyarakat terutama kepada pihak-pihak terkait dalam perindustrian. Ecolabel ini juga gerakan pemerintah agar para produsen mengganti atau setidaknya berinovasi dengan produk mereka menjadi lebih ‘hijau’.

ekonomi sirkular biopigmenia
visualisasi ekonomi sirkular dengan BioPigmenia
Mengedukasi Masyarakat Indonesia Pentingnya Barang Lokal

Jarang warga yang mengerti apa itu plastik biodegradable, apa itu ekolabel. Persaingan dengan barang-barang impor juga terus mengikis perekonomian kita. Dengan berinovasi, produk Anda tidak akan kalah dengan negara lain. Anda dapat belajar dari berbagai sumber. Dengan mengadopsi teknologi luar, kita juga dapat mengedukasi konsumen kita tentang pentingnya kelestarian lingkungan hidup. Sementara itu produk Anda juga akan bertambah nilainya secara sosial.

Dengan sendirinya masyarakat akan lebih yakin bahwa produk Anda lebih bermanfaat dari brand lain. Contoh, produk Anda mungkin lebih mahal, tapi lebih tahan lama dan mudah didaur ulang jika usia penggunaannya telah habis. Banyak individu yang lebih mementingkan kualitas barang ketimbang harga. Kenali target market Anda.

BioPigmenia Dibanding Plastik Degradable Lain

Plastik biodegradable dengan aditif dari kami dapat didaur ulang! Merujuk dari ekonomi sirkular di tabel diatas, daur ulang adalah salah satu faktor penting dalam mengurangi sampah plastik.

Jenis plastik lain akan sangat sulit didaur ulang karena komposisi mereka yang mudah ter-BURAI (bukan terurai), menjadi potongan plastik kecil-kecil yang biasa kita dengar yaitu mikroplastik. Komposisi material plastiknya akan rapuh dan perlu penggantian mesin bahkan memerlukan dua mesin baru. Selain memakan biaya banyak, ini akan mengganggu waktu produksi palstik.

Seringkah Anda melihat jika mencuci ember plastik, misalnya, menemukan gerusan plastik disekitarnya. Apalagi jenis ember plastik yang murahan. Inilah yang disebut sebagai mikroplastik. Mikroplastik berdampak sangat besar terhadap masalah polusi di lautan.

Sedangkan di teknologi BioPigmenia, Anda hanya perlu mencampurkan 1% aditif kami kedalam benih atau biji plastik biasa sebelum pencetakan. Aditif ini tidak akan menjadikan barang plastik Anda rapuh dan berpotensi menjadi mikroplastik. Aditif kami sangat stabil dan dapat dikombinasikan di berbagai tipe plastik.

plastik biodegradable
Berikut tipe atau jenis plastik yang dapat dicampur oleh aditif kami :  
  • PP ( Polypropylene)
  • PE (Polyethylene )
  • PET (Polyethylene terephthalate)
  • HDPE (High-density polyethylene)
  • LDPE (Low-density polyethylene)
  • dan beberapa jenis lain.

Jika dikaji lebih dalam, menggunakan BioPigmenia jauh lebih menghemat pengeluaran Anda daripada menggunakan plastik degradable jenis lain. BioPigmenia juga telah melakukan uji dan disertifikasi oleh berbagai pihak dan laboratorium pihak ketiga, baik dari dalam maupun luar negri.

Kami BioPigmenia, menjadi solusi terbaik bagi Anda produsen dan industri masa depan. Misi kami adalah membawa Anda menjadi produk plastik biodegradable, ramah lingkungan, sustainable dan dapat digunakan di segala platform.

Leave a Comment
Open chat