sampah botol

Industri Minuman Penyumbang Sampah Botol Plastik

By administrator | Berita Nusantara | No Comments

Breakfreefromplastic mencatat salah satu pencemaran plastik paling besar berasal dari sampah botol minuman

Mereka mengatakan sampah botol plastik kini mencekik lautan dan ekosistem, memicu percepatan perubahan iklim, dan berkontribusi pada kesehatan manusia.

sampah botol
gunung sampah botol. source : pinterest

Sekelompok negara berkembang dan Amerika Serikat bekerja sama untuk mengurangi polusi plastik dengan menciptakan mesin deposit botol plastik. Dengan memasukkan limbah botol plastik ke dalam mesin, kita dapat menerima beberapa sen sebagai imbalan. Hal ini bertujuan meningkatkan peran masyarakat dalam mendaur ulang sampah. Sistem yang manjur untuk memberantas botol plastik yang berserakan.

Minuman ringan, teh, kopi, air mineral, soda, ada banyak sekali jenis sampah botol plastik yang akan terbuang apabila masyarakat tidak bisa mengendalikan konsumsi dan mendaur ulang dengan baik.

Sampah botol plastik tidak perlu mengkontaminasi lingkungan

Belum lagi kalau kita harus menghitung online delivery. Dengan adanya krisis covid-19 seperti saat ini, pemesanan makanan dan minuman via aplikasi online pun meningkat.

Tren minuman boba dan kopi dingin terus merajai pencarian di dalam aplikasi pemesanan makanan online tersebut. Minuman seperti boba, kopi kekinian atau teh taiwan seperti itu juga menyumbang sampah gelas dan sedotan plastik. Karena pemesanan harus diantar, tentu mereka memberi tambahan kantong kresek, yang notabene plastik lagi, plastik lagi.

“Meski kami melihat perkembangan signifikan dalam penelitian tentang dampak polusi plastik terhadap lingkungan alam, ternyata upaya untuk memahami perilaku manusia yang mendorong polusi plastik masih sedikit,” tutur Alberto Salvo, salah satu peneliti di National University of Singapore (NUS).

Proses Daur Ulang Plastik Yang Jauh Lebih Mudah dengan BioPigmenia

Saya melihat sudah ada beberapa kafe yang memberi Anda diskon jika pembeli membawa cangkir atau botol minuman Anda sendiri yang dapat digunakan kembali. Kafe lain juga memberikan potongan harga saat Anda membeli botol minuman yang dapat digunakan kembali, bukan yang sekali pakai.

Komponen dalam sampah botol plastik, seiring waktu akan terbagi menjadi bagian yang lebih kecil.

Akibatnya, terjadi pencemaran yang bernama mikroplastik.

Plastik kecil ini dapat memasuki sistem air dan dapat mencemari lautan dan rantai makanan. Tidak hanya itu, ketika botol plastik ini ditempatkan di tempat pembuangan daur ulang namun tidak dipisahkan dengan benar antar barang daur ulang lainnya, mereka dapat mencemari barang-barang daur ulang yang lain. Dengan demikian, akan meningkatkan jumlah polusi limbah yang tidak dapat didaur ulang.

Leave a Comment
Open chat