seni limbah medis

Mengubah Limbah Medis Menjadi Karya Seni

By administrator | World News | No Comments

Mantan perawat ICU Tilda Shalof, menggunakan 10.000 potongan plastik limbah medis sebagai karya seni di Toronto, Kanada.

Perjuangan seorang perawat di Kanada selama 28 tahun ini berbuah manis. Tidak hanya ia mengambil limbah medis dari tempat pembuangan sampah, tapi ia juga menyulap dindingnya dengan sebuah mural bernilai seni tinggi.

Cara sempurna untuk menghormati pasien yang dia rawat selama hampir tiga dekade!

Shalof menyebutkan, satu pasien rumah sakit dapat menghasilkan 33 pon limbah medis setiap hari, sebagian besar adalah plastik steril yang hanya digunakan sekali dan kemudian dibuang.

Mendaur Ulang Limbah Plastik Lebih Aman

Tak menginginkan hal itu terjadi, ia mulai mengumpulkan potongan-potongan plastik obat. Seiring berlalunya waktu, koleksi Shalof berkembang pesat dan ia memiliki banyak kantong plastik yang disimpan di rumah. Terakhir, pada musim panas 2015, ia mulai mengubah limbah medis-nya menjadi sebuah karya seni, dibantu oleh seniman Vanessa Herman-Landau dan Bradley Matson.

Hasilnya adalah mural megah berukuran 4 x 9 kaki, yang sekarang tergantung di dinding rumah sakit tempat Shalof pernah bekerja.

seni limbah medis
karya seni Shalof dari limbah medis

Objek lingkaran besar di kiri mural, Shalof menunjukkan tutup kuning dari obat adrenalin yang digunakan selama serangan jantung. Lingkaran oranye di tengah adalah tutup botol kultur darah, dan ekor ungu kecil adalah bagian atas lanset yang digunakan untuk menguji gula darah. Di pojok kiri bawah, yang berbentuk balon kata-kata, terdapat tutup dari obat untuk menghindari penolakan saat organ di-transplantasikan.

Shalof mengatakan ia mengenang banyak pasien yang ia tangani, dan karya seni dari limbah medis ini adalah cara perawat itu untuk mengucapkan selamat tinggal kepada mereka setelah pensiun dari posisinya di ICU.

Pada 2016 dia memberi pesan lewat blog University Health Network:

“Perhatian adalah pesan utama dalam lukisan saya. Anda mungkin tidak dapat melihat nilai dalam potongan-potongan sampah ini jika mereka terbuang, namun ketika Anda menggabungkan mereka semua dengan imajinasi, Anda dapat mengubah potongan-potongan kecil ini menjadi sesuatu yang berharga. ”

Mikroplastik Ditemukan Di Janin Wanita Hamil

Shalof sekarang bekerja di bidang radiologi intervensi, tetapi dia terus mengumpulkan potongan plastik (meskipun dengan kecepatan yang lebih lambat karena perubahan posisi).

Namun, kreativitasnya tidak berhenti di situ. Dia juga penulis terbitan beberapa buku, termasuk buku A Nurse’s Story.

Disadur dari treehugger.com

Leave a Comment
Open chat