tantangan plastik

Tantangan Membuat Plastik Yang Tidak Merusak Lingkungan

By administrator | Technology | No Comments

Tantangan terbesar dari penciptaan plastik ramah lingkungan adalah waktu dan berkurangnya ekosistem akibat limbah plastik. Seperti yang kita tahu plastik kemasan memiliki umur sangat pendek karena digunakan hanya sekali, lalu dibuang. Tetapi tidak ada yang membantah bahwa mereka juga memenuhi peran penting dalam masyarakat, dan dalam beberapa kasus bahkan dapat menjadi pilihan yang lebih berkelanjutan dibandingkan dengan alternatif lain.

Contohnya, plastik kemasan makan yang digunakan rumah makan melalui aplikasi antar online. Semenjak pandemi, terjadi peningkatan luar biasa pada layanan pesan antar. Demi mencegah kontaminasi, semua makanan harus dikemas dalam plastik, bahkan dibungkus dengan tambahan kantong kresek dan pengikat khusus.

Produksi tahunan plastik saat ini mencapai hampir 360 juta ton per tahun, melampaui sebagian besar bahan buatan manusia lainnya. Di tahun 2015, manusia telah memproduksi sekitar 8.300 juta ton plastik. Dimana 6.300 juta ton yang sudah menjadi sampah, hanya 9% yang didaur ulang (Sci. Adv. 2017).

plastik kemasan take away

Demi mengimbangi permintaan plastik kemasan yang terus bertambah, para ilmuwan terus bekerja mematahkan tantangan untuk menemukan cara membuat plastik menjadi ramah lingkungan. Lebih banyak penelitian sangat dibutuhkan untuk mengubah plastik cocok bagi masa depan berkelanjutan.

Empat Tantangan Penelitian Untuk Masa Depan Plastik

Keempat tantangan mengubah plastik ini saling terkait dan sama pentingnya.

Memahami dampak plastik sepanjang siklus hidupnya
Kita membutuhkan serangkaian teknologi dan perangkat untuk meningkatkan keberlanjutan di seluruh siklus hidup plastik. Mulai dari memperoleh bahan mentah dan membuat plastik, hingga opsi daur ulang dan pembuangan yang lebih baik, serta sepenuhnya memahami dampaknya pada alam secara keseluruhan.

Kembangkan plastik baru yang berkelanjutan
Plastik baru harus dirancang dengan mempertimbangkan ekonomi sirkular sejak tahap desain. Itu berarti merancang struktur polimer dengan sifat yang memungkinkan plastik diproduksi, diproses, dan didaur ulang, tentunya dengan dampak negatif yang minim.

Proses daur ulang yang mudah
Demi mengajak lebih banyak orang tertarik daur ulang. Kita membutuhkan proses daur ulang yang lebih efisien – termasuk dalam memisahkan campuran dan komposit menjadi polimer murni tunggal, dan dalam memungkinkan ‘daur ulang kimiawi’ – yaitu memecah polimer menjadi molekul yang lebih kecil untuk penggunaan di masa mendatang.

Memahami dan mengontrol degradasi plastik
Pembuangan plastik sembarangan ke lingkungan harus dihentikan. Beberapa plastik yang dapat terdegradasi tetap dibutuhkan. Perlu fokus pada pengembangan produk yang dapat didaur ulang dan dapat terurai secara lingkungan, sehingga dapat didegradasi menjadi biokimia yang tidak beracun setelah beberapa kali digunakan kembali atau didaur ulang. Standar pelabelan juga harus ditingkatkan.

Teknologi Plastik Bio-Degradable yang Telah Ada di Indonesia

Plastik baru yang inovatif dan ramah lingkungan dapat membantu mengurangi tantangan terhadap dampak lingkungan dari polusi plastik.

tantangan plastik

Salah satu jenis plastik yang meminimalisir perusakan lingkungan karena waktu pembusukan yang lama adalah plastik bio-degradable. Apa itu plastik bio-degradable?

Plastik bio-degradable adalah jenis plastik yang mampu membusuk atau mengurai lebih cepat dari plastik biasa. Salah satunya adalah plastik yang menggunakan BioPigmenia.

Plastik sering mengandung aditif: bahan kimia yang meningkatkan sifat tertentu, seperti warna, fleksibilitas, dan membuat plastik tahan api. Aditif kami merupakan aditif yang mampu membuat sifat plastik lebih disukai oleh mikroorganisme dalam tanah. Hal ini memungkinkan barang plastik yang telah dicampur oleh BioPigmenia dapat terurai ratusan kali lebih cepat.

Begitu plastik terdegradasi, semua yang terkandung di dalamnya akan dilepaskan ke lingkungan. Oleh karena itu setiap aditif yang berbahaya bagi lingkungan dapat berdampak pada lingkungan saat terurai. Kabar baiknya, aditif kami aman dan tidak berbahaya bila digunakan dan dilepaskan dengan metode yang tepat. Bedanya dengan jenis oxo-degradable, plastik kami terurai secara sempurna dan tidak terpecah-pecah menjadi mikroplastik.

Kami sangat optimis dengan kemungkinan masa depan plastik yang berkelanjutan. Sebagai bahan yang diperlukan oleh segala lapisan masyarakat, alternatif plastik yang aman, berkelanjutan, akan menjawab tantangan penggunaan plastik yang lebih modern.

Leave a Comment
Open chat