plastik wrap

Plastik Wrap Jangan Hanya Sekali Pakai

By administrator | Berita Nusantara | No Comments

Plastik Wrap Merupakan Peralatan Dapur Yang Sering Dipakai

Kegunaan plastik wrap (bungkus plastik) sendiri beragam seperti menghangatkan makanan di microwave, mencegah freezer burn, menyimpan sisa makanan, penutup adonan, dan banyak lainnya.

plastik wrap
contoh plastik wrap

Namun, pernahkah terpikir oleh Anda apakah plastik tersebut dapat digunakan kembali? Tentu saja bisa! Kadang kita merasa bersalah atau enggan jika membuang bungkus plastik hanya dalam sekali pemakaian.

Salah satu pelajaran terpenting yang diajarkan kepada kita semua untuk menyelamatkan lingkungan adalah aturan 3R, yang merupakan singkatan dari Reduce(kurangi), Reuse(pakai lagi), dan Recycle(daur ulang). Aturan ini diterapkan pada berbagai barang, terutama barang dari plastik sehingga risiko terhadap lingkungan berkurang dan barang tidak kehilangan kegunaannya hanya setelah sekali pemakaian.

Bahaya Industri Makanan Bagi Lingkungan

Jadi, tidak masalah dong kalau plastik wrap dipakai lagi?

Ya, bungkus plastik bisa digunakan kembali. Dalam keadaan yang masih bersih atau kotor pun, tidak masalah untuk digunakan kembali. Masih bisa dicuci jika tidak sobek. Selain itu, bungkus plastik tahan untuk waktu yang sangat lama. Jika Anda melihat kemasannya dari dekat, tidak ada tanggal kedaluwarsa yang tercetak di atasnya. Namun, ada kemungkinan pembungkus plastik lama menjadi terlalu lengket untuk digunakan.

Cara Menggunakan Lagi Bungkus Plastik Yang Sudah Terpakai

Jika Anda termasuk penggemar kebersihan dan tidak ingin menggunakan pembungkus plastik untuk sisa makanan, berikut beberapa cara lain yang bisa dicoba;

  1. Mencegah buah pisang terlalu matang, dengan membalut batang pisang dengan plastik wrap (plastik pembungkus), Anda bisa memperlambat proses pematangan buah pisang dan membuatnya tetap segar.
  2. Mencegah es krim mengeras. Tutupi kotak es krim dengan selembar plastik pembungkus diatasnya sebelum ditutup. Lapisan plastik akan mencegah es mengkristal di permukaan es krim.

Alternatif Lain Yang Ramah Lingkungan

Sudah jelas faktanya jika plastik membutuhkan waktu lama untuk terurai dan itu menimbulkan polusi sampah plastik yang terjadi saat ini. Hal yang menjadi PR penting untuk kita bertindak bagi lingkungan. Karena itu, banyak plastik bekas yang berakhir di tempat pembuangan sampah dan lautan.

Mengubah Berbagai Jenis Plastik Menjadi Ramah Lingkungan

Menurut ahli lingkungan, hal terbaik yang harus dilakukan sekarang adalah mengurangi penggunaan jenis plastik sekali pakai, seperti plastik wrap ini contohnya. Karena harganya yang murah, orang cenderung membuangnya setelah memakainya sekali.

Karena itu berikut adalah beberapa alternatif plastik wrap yang lebih tahan lama;

  1. Beli wadah penyimpanan kaca dan toples untuk menumpuk sisa makanan Anda.
  2. Banyak plastik wrap ramah lingkungan sekarang tersedia di pasaran yang biodegradable maupun bioplastik seperti terbuat dari lilin lebah, kapas organik, minyak jojoba, dan resin pohon. Jadi carilah pembungkus yang berkelanjutan.
  3. Gunakan piring untuk menutupi mangkok yang ingin Anda simpan di lemari es atau disimpan untuk nanti.

disadur dari : indiatimes.com

Leave a Comment
Open chat