plastik ramah lingkungan kuat tahan lama

Plastik Ramah Lingkungan Yang Kuat Dan Tahan Lama

By administrator | Company | No Comments

Plastik ramah lingkungan merupakan bahan yang menjadi kebutuhan saat ini, tetapi kualitasnya apakah sama seperti plastik umumnya yang lebih kuat dan tahan lama?

Plastik adalah komponen utama yang dapat kita temui hampir diseluruh barang elektronik dan rumah tangga. Coba lihat di depan Anda. Entah saat ini Anda sedang berada di kantor atau rumah, disekitar Anda pasti ada barang yang terbuat dari plastik. Disamping berguna — sampah plastik dikelola dengan buruk — dan telah menciptakan tantangan pemberishan sampah skala global. Inilah yang memacu peningkatan produksi plastik ramah lingkungan.

Plastik Dicari Karena Kualitasnya

Dalam banyak aplikasi, plastik hampir tak tergantikan karena bahannya murah, kuat, ringan, dan tahan lama terutama terhadap korosi. Di Indonesia hampir 70% penggunaan plastik ditujukan untuk pembuatan kemasan sachet. Mengganti plastik dengan bahan lain bukanlah mudah, terutama karena tantangan untuk menemukan alternatif yang menggabungkan semua sifat plastik yang paling diinginkan.

Alternatif yang beredar sekarang adalah jenis plastik ramah lingkungan. Jenis-jenis seperti bioplastik atau plastik singkong mungkin sering Anda dengar. Namun kualitasnya tidaklah sekuat plastik pada umumnya. Bioplastik cepat membusuk, dan pada umumnya digunakan sebagai pengganti plastik sekali pakai.

Pengganti plastik lain — seperti, kertas atau karton — bisa memiliki jejak rumah kaca yang lebih tinggi karena jumlah air atau sumber daya alam yang dikonsumsi dalam produksinya. Sebuah studi yang dilakukan tahun lalu oleh Nanyang Technological University di Singapura menemukan bahwa kantong plastik biasa yang digunakan kembali lebih ramah lingkungan daripada alternatif kertas dan kapas. Tetapi hanya di kota dan negara dengan sistem pengelolaan sampah yang terstruktur dengan baik.

plastik ramah lingkungan kuat tahan lama

Plastik Biodegradable Yang Lebih Tahan Lama

Berbeda dengan bioplastik, biodegradable plastik memiliki sifat yang sangat mirip dengan plastik petroleum. Bedanya, plastik biodegradable lebih ramah lingkungan karena ia memiliki waktu pembusukan yang lebih cepat dari pada plastik biasa jenis petroleum.

BioPigmenia adalah salah satu distributor aditif plastik yang sudah meng-cover berbagai kebutuhan plastik ramah lingkungan. Salah satu aditif kami mampu menjadikan segala jenis plastik mulai dari PP, PET, PE, PS, EVA, Polyester, dan lainnya. Aditif tersebut memungkinkan mikroba menguraikan plastik di lingkungan kompos dan lingkungan TPA dari dalam plastik. Hal ini memungkinkan bakteri membuat penguraian di area yang lebih dalam, bukan hanya permukaan.

Teknologi dari aditif kami bekerja lebih cepat daripada teknologi lainnya. Dan juga dapat mengontrol waktu yang dibutuhkan bakteri dan jamur untuk mengkonsumsi plastik. Anda tidak perlu khawatir dari sisi harga dan kualitas karena karena aditif biodegradable kami telah diuji dan disertifikasi oleh pihak ketiga. Yaitu berbagai laboratorium dan lembaga uji di Amerika Serikat dan Indonesia.

Pentingnya Beralih Ke Plastik Ramah Lingkungan

Tidak bisa dipungkiri bahwa plastik masih kita butuhkan hingga bertahun-tahun kedepan. Meski saat ini banyak program dan penelitian demi mencari alternatif plastik yang lebih baik. Kita juga tidak bisa memperkirakan kapan dunia akan bebas dari plastik. Sifatnya yang kuat membuatnya digunakan dari pipa hingga bahan pesawat, dan daya tahan yang lama terhadap berbagai elemen juga digunakan dari alat berat hingga alat medis.

ibu-ibu memisahkan sampah plastik

BioPigmenia tidak hanya memberikan solusi terhadap opsi plastik ramah lingkungan, namun juga mendukung program sirkular pemerintah. Reduce, Reuse, Recycle — Kurangi, Gunakan kembali, Daur ulang. Tiga hal penting yang selalu kami ingat dalam misi kerja kami. Aditif yang kami tawarkan juga memenuhi standar daur ulang. Plastik yang telah menggunakan aditif kami mampu didaur ulang tanpa menggunakan mesin khusus.

Menerapkan daur ulang sebagai bagian dari setiap sistem pengelolaan limbah yang berkelanjutan harus menjadi fokus utama setiap badan usaha dan masyarakat. Mendaur ulang sampah plastik yang dihasilkan dan mengembalikannya ke rantai manufaktur mengurangi kebutuhan untuk memproduksi plastik murni, serta membuka nilai ekonomi sampah. Plastik daur ulang baru-baru ini digunakan untuk memproduksi berbagai macam produk, termasuk furnitur, jalan, kemasan, dan pakaian.

Mengubah sistem yang sudah ada memang tidak mudah. Namun, karena banyaknya pihak yang mendukung program plastik baru, tampaknya akan ada celah di pasar dan di benak masyarakat untuk menyambut inisiatif plastik ramah lingkungan. Hubungi kami di info@biopigmenia.com demi membangun Indonesia yang lebih sustainable.

Leave a Comment
Open chat