bebas plastik

Perbedaan Karbon Netral, Bebas Plastik, dan Plastik Netral

By administrator | Business | No Comments

Kata perubahan iklim dan keberlanjutan mulai menggema di pikiran semua orang akhir-akhir ini. Ada banyak frasa baru dan istilah berkelanjutan yang perlu diketahui. Dari zerowaste (nol limbah) hingga plastic-free (bebas plastik).

Anda mungkin tahu istilah ‘karbon neutral’ dan ‘bebas plastik’. Istilah ini banyak dipakai oleh pegiat lingkungan dan konsumer yang telah menjalani gaya hidup berkelanjutan. Terkadang juga dipakai oleh perusahaan yang sudah mulai memproduksi barang bebas plastik. Tetapi istilah plastic neutral (plastik netral) mungkin menjadi kata kunci baru yang belum pernah Anda dengar sebelumnya.

“Kami memperkirakan ini adalah sesuatu yang akan sering Anda seiring tumbuhnya kesadaran seputar solusi pengurangan plastik,” kata Danielle Jezienicki. Sebagai Direktur keberlanjutan di Grove Collaborative, ia bangga menjadi satu-satunya pengecer online plastik netral di dunia.

bebas plastik

Apa yang Dimaksud Plastik Netral?

Plastik Netral adalah ketika sebuah perusahaan (atau individu) memulihkan dan mendaur ulang plastik dalam jumlah yang sama dengan yang digunakannya. Tidak seperti perusahaan yang mengusung bebas plastik. Mereka adalah sebuah perusahaan tidak menggunakan plastik sama sekali. Jadi, dalam komitmen plastik netral, mereka mengakui bahwa perusahaan menggunakan plastik baru. Dan selanjutnya mengambil tindakan untuk mendaur ulang jumlah plastik yang sama dengan yang mereka beli, untuk kemudian digunakan berulang kali.

Pada bulan Maret, perusahaan Grove Collaborative mengumumkan komitmen baru untuk menjadi 100 persen bebas plastik pada tahun 2025. Sebuah inisiatif yang membawa pengurangan plastik selangkah lebih maju. Secara realistis, menjadi bebas plastik berarti produk perusahaan sekitar 95% harus bebas dari plastik. Hal ini karena masalah rantai pasokan dan keterbatasan produksi, tetapi angka tersebut tetap saja pengurangan sampah plastik yang sangat besar.

Selanjutnya istilah karbon netral (carbon neutral). Tidak seperti plastik netral atau tanpa plastik, karbon netral berpusat di sekitar emisi karbon dioksida, bukan konsumsi plastik fisik. Karbon netral berarti, sebuah bisnis telah menghitung emisi karbon dioksida yang terkait dengan setiap fase produksi. Seperti pengiriman, penggunaan produk atau layanannya, dan pembuangan akhir jika produk tersebut rusak. Contohnya energi terbarukan — atau membeli penyeimbang karbon untuk menghilangkannya (jumlah emisi karbon dari atmosfer). Penyeimbangan karbon dapat berupa apa saja, mulai dari daur ulang, konservasi hutan hingga pengurangan gas rumah kaca.

Bebas Penumpukan Sampah Plastik dengan BioPigmenia

Karbon netral, plastik netral, dan bebas plastik adalah metode yang berbeda untuk mencapai tujuan yang sama. Yaitu mengurangi dampak bisnis terhadap lingkungan. Untuk alasan itu, Jezienicki mengatakan, penting untuk mempertimbangkan bagaimana perusahaan yang Anda kenal melakukan bagian mereka untuk mengekang perubahan iklim. Tetapi hanya dengan mengurangi berbelanja plastik, atau perusahaan menjadi karbon netral atau bebas plastik akan terbukti sulit. “Tidak ada perusahaan yang sempurna,” katanya. “Saya akan mendorong pebisnis untuk memprioritaskan brand yang secara terbuka mengakui kontribusi mereka untuk melindungi planet kita.”

Sebuah perusahaan mungkin tidak sepenuhnya bebas plastik atau karbon netral. Tetapi jika itu membuat langkah untuk menjauh dari praktik industri yang berbahaya. Serta mengerjakan program keberlanjutan yang mendukung perusahaan dan konsumen, hal itu layak untuk didukung. “Keberlanjutan itu rumit dan sertifikasinya membingungkan,” kata Jezienicki. “Namun, mendidik diri kita sendiri tentang dasar bisnis dari merek favorit Anda akan membuat Anda menjadi konsumen yang lebih cerdas.”

Dengan banyak waktu di rumah untuk meneliti upaya keberlanjutan —sekarang adalah kesempatan Anda untuk menjadi pembelanja yang lebih cerdas untuk Planet Bumi.

Leave a Comment
Open chat