polusi sampah plastik

Mau Mengatasi Polusi Sampah Plastik? Yuk, Dukung Bisnis Zerowaste

By administrator | Berita Nusantara | No Comments

Gerakan tanpa limbah atau zerowaste tetap bertahan selama pandemi, meskipun menghadapi tantangan yang signifikan. Polusi sampah plastik jauh meningkat dibandingkan sebelum pandemi.

polusi sampah plastik
polusi sampah kantong plastik di laut

Hal ini diakibatkan banyaknya pemesanan makanan secara online, belanja online dan menurunnya minat perusahaan untuk mengirim produknya ke bank sampah daur ulang, yang bisa jadi diakibatkan krisis ekonomi selama pandemi.

Meskipun begitu, pemerintah, pebisnis, dan konsumen semakin menyadari bahwa daur ulang tidak cukup untuk mengatasi polusi plastik, dan lebih banyak tindakan diperlukan di tingkat hulu.

Strategi Mengurangi Polusi Sampah Plastik

Sampah plastik jumlah besar yang membahayakan kehidupan di laut dan di darat harus ditangani di semua titik rantai pasokan. Hal ini harus dilakukan oleh semua pelaku.

Pemerintah mengadopsi kebijakan dan peraturan baru. Mereka harus tegas menindak pelanggar dan mengedukasi masyarakat awam.

Perusahaan dan pelaku bisnis mendesain ulang produk agar berkelanjutan, bukan sekali pakai. Bisnis tanpa limbah yang inovatif bertekad untuk merancang produk yang mudah terurai tanpa membuat polusi sampah plastik.

Dan konsumen pun harus ikut serta. Dengan memakai ulang produk plastik berkali-kali, akan mengurangi timbunan sampah plastik yang menyebabkan polusi di laut dan di darat. Konsumen pun harus bijak mencari produk dari perusahaan yang mengutamakan gerakan tanpa limbah (zerowaste).

Berikut ini contoh bisnis yang secara aktif mengurangi jejak plastik umat manusia dengan memperjuangkan ekonomi sirkular. Mungkin Anda dapat mencontohnya sebagai ide bisnis baru.

  • Bisnis takeaway ramah lingkungan
plastik tahan panas
kotak makan antar

Gelas dan wadah takeaway nyaman digunakan. Masalahnya mereka sekali pakai. Muuse telah merancang penggunaan limbah dari budaya bawa pulang (takeway) itu.

“Kami menghilangkan barang sekali pakai dengan membuat jaringan kafe agar konsumen dapat mengumpulkan dan mengembalikan cangkir dan wadah yang dapat digunakan kembali,” kata Brian Reilly, Pendiri dan CEO Muuse.

“Faktanya, COVID mendorong kami untuk menciptakan peluang baru – kami telah meluncurkan layanan pengiriman makanan nasional dengan kotak makanan yang dapat digunakan kembali.”

  • Bisnis Isi Ulang Tanpa Kemasan
bulkstore

Ingin belanja bulanan tanpa limbah untuk rumah Anda? Semakin banyak merek dan pengecer yang memanfaatkan teknologi untuk menjual barang dalam kemasan yang dapat diisi ulang dan dapat digunakan kembali.

Bulkstore (toko curah) banyak ditemui di Jakarta, Surabaya dan Bali. Mereka memasang rak higienis dengan dispenser. Tujuannya menyimpan bahan makanan dan non-makanan yang bersih dan yang dapat digunakan kembali. Selain itu, konsumen dapat membelinya dengan mengisi wadah yang mereka bawa sendiri dengan beragam produk seperti beras, kacang-kacangan, hingga sabun.

Merevolusi Produk Plastik Menjadi Ramah Lingkungan

Dari segi produksi, sebenarnya sangat banyak barang bukan sekali pakai yang tetap memerlukan plastik sebagai bahan dasarnya. Sebut saja ponsel yang Anda genggam sekarang, kacamata, sepatu, hingga barang elektronik rumah tangga. Semuanya sebagian pasti terbuat dari plastik.

Simulasi Penguraian Plastik
bagaimana plastik Biopigmenia terurai

Pelaku bisnis menyadari hal ini, mereka mulai mencari alternatif agar barang plastik yang mereka hasilkan tidak menjadi polusi di tempat sampah. Salah satu yang mereka lakukan adalah mengganti biji plastiknya atau menambahkan aditif ke dalam biji plastik sebelum mengubahnya menjadi barang jadi.

Di Surabaya, telah ada perusahaan yang bekerja sama dengan teknologi Amerika untuk merubah barang plastik menjadi mudah terurai. Hal ini menyebabkan plastik tidak menumpuk di alam hingga bertahun-tahun lamanya, yang menjadi masalah polusi sampah plastik.

BioPigmenia mengusung teknologi tersebut. BioPigmenia memiliki terknologi aditif yang mampu mengubah plastik menjadi cepat membusuk, selain itu bahannya tetap dapat didaur ulang. Proses daur ulang dan percepatan penguraian inilah yang menjadikan BioPigmenia sebagai solusi bagi bisnis produsen plastik yang ingin mendukung ekonomi sirkular.

Jadilah konsumen bijak untuk mengatasi polusi sampah plastik, dukung kebijakan pemerintah dan memilih produk dengan label ramah lingkungan yang benar-benar bisa dipercaya.

Leave a Comment
Open chat