daur ulang ponsel

Daur Ulang Ponsel Milikmu Demi Lingkungan Hidup

By administrator | Technology | No Comments

Beberapa orang memilih membeli hp bekas atau ponsel yang telah di “daur ulang” (refurbished) karena harganya yang lebih murah.

Membeli Hp baru semakin tahun terasa semakin mahal. Pada tahun 2008, iPhone generasi pertama berharga sekitar $700. Saat ini, iPhone 12 Pro Max dengan penyimpanan lebih dari 500 GB dihargai $2.369. Naik 3x lipat, itupun tanpa charger dan headphone jack.

daur ulang ponsel
limbah ponsel

Inovasi teknologi, terutama ponsel, berkembang pesat dan ini secara langsung meningkatkan produksi limbah elektronik untuk dibuang.

Bahaya Limbah Ponsel Jika Tidak Di Daur Ulang

Studi oleh Japan International Cooperation Agency memperkirakan, limbah elektronik rumah tangga di Malaysia mencapai 24,5 juta unit pada tahun 2025.

Limbah elektronik seperti Hp mengandung jenis logam yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Mereka menyebabkan kerusakan pada sistem saraf, saraf tepi, darah, ginjal serta menghambat perkembangan otak anak, jika tidak dibuang dengan benar.

Ponsel atau Hp bekas yang tidak dibuang dengan benar atau didaur ulang, berpotensi mengeluarkan gas berbahaya seperti dioksin dan furan. Banyak limbah elektronik di Indonesia masih dibakar.

Proses ini menyebabkan keluarnya zat beracun seperti timbal, merkuri dan arsen, yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan organ dalam jika terhirup.

Proses Recycle Plastik Lebih Mudah Dengan Aditif Ini

Pembuangan limbah elektronik di tempat pembuangan sampah padat dapat menyebabkan pencemaran di permukaan dan air tanah karena logam larut di dalam tanah.

Sudah saatnya pemerintah mulai berfokus pada pengolahan daur ulang ponsel dan barang elektronik lainnya. Adanya lokasi dan struktur yang baik akan sangat mengurangi tingginya sampah elektronik.

Daur ulang adalah solusi yang baik untuk mengurangi zat beracun dari sampah ponsel tersebut. Warga juga diajak untuk tidak sering membeli hp baru jika hp lama masih dapat diperbaiki.

Hampir setiap bagian dari ponsel dapat di daur ulang. Sebagai gambaran, saat ini banyak hp bekas, hp seken yang laku dipasaran. Begitu pula dengan hp atau ponsel refurbished yang dijual di toko ponsel.

Leave a Comment
Open chat