kemasan ramah lingkungan

Cara Memilih Kemasan Yang Ramah Lingkungan

By administrator | Technology | No Comments

Saat mencari kemasan ramah lingkungan, Anda mungkin hanya membayangkan fisik luar produk itu sendiri. Tetapi, bagaimana suatu kemasan dibuat akan sama pentingnya.

kemasan ramah lingkungan
contoh kemasan makanan ramah lingkungan

Pengemasan produk telah membuat kemajuan besar sejak zaman ketika hampir semuanya makanan, barang, elektronik, dibungkus untuk mempertahankan isinya. Namun masalah limbah planet kita terus bertambah. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan, kontainer dan kemasan menghasilkan 77,9 juta ton limbah padat perkotaan pada tahun 2015.

Ilmuwan, insinyur, dan desainer di seluruh dunia sedang menjawab tantangan ini. Strategi yang mereka buat sangat menginspirasi, mengejutkan, dan mungkin revolusioner untuk perjuangan planet kita demi kelestarian lingkungan.

Jadi, Apa Kemasan yang Paling Ramah Lingkungan?

Berikut cara menemukan kemasan ramah lingkungan terbaik saat berbelanja:

Cari kemasan dengan simbol daur ulang. Menggunakan kembali limbah yang ada adalah cara yang bagus untuk mengurangi sampah.

Cari kemasan plastik yang dapat didaur ulang. Berikut adalah bahan-bahan plastik yang dapat didaur ulang: PET, HDPE, LDPE, PE.

Kenali merek yang menerima kembali kemasan mereka. Kemasan produk akan dikembalikan ke produsen atau pihak ketiga untuk dibersihkan dan diisi ulang atau didaur ulang, bukan dibuang.

Jika membeli barang ber-bahan gelas/kaca, pastikan beli yang transparan. Karena kaca yang berwarna tidak bisa didaur ulang.

Pilih bahan aluminium dan kaleng. Karena bahan tersebut mudah didaur ulang. Asal Anda tidak asal membuangnya karena bahan tersebut akan lebih sulit terurai ketimbang plastik.

Hindari barang dengan kemasan dobel. Contohnya, makanan ringan yang dibungkus satu per satu. Produk kecantikan yang memakai dus didalam dus karton. Dan lain-lain.

Beli pakaian dari merek yang berkelanjutan. Akan lebih baik lagi jika Anda membeli dari toko barang bekas atau secondhand.

Sebagai tambahan, jika Anda adalah penjual toko online, perhatikan pilihan yang lebih berkelanjutan saat mengirim barang :

Reuse – Gunakan kembali sebanyak mungkin. Pertama dan terpenting, kurangi jumlah kemasan yang Anda konsumsi. Kami merekomendasikan untuk mengumpulkan dus, kertas, bubblewrap, dan amplop pengiriman untuk digunakan kembali bila diperlukan.

Ingatlah bahwa semakin sedikit bahannya, semakin baik. Bahan yang lebih ringan dapat berarti lebih sedikit emisi CO2 selama transportasi dan produksi.

Disadur dari msn.com

Menjadikan Plastik Berkelanjutan Dengan BioPigmenia

Jadilah konsumen bijak untuk mengatasi polusi sampah plastik, dan memilih produk dengan label ramah lingkungan yang benar-benar bisa dipercaya. Jika seluruh masyarakat dapat bekerja sama, Indonesia bisa menanggulangi sampah plastik di tahun 2045 nanti.

Leave a Comment
Open chat