ide bisnis ramah lingkungan

10 Ide Bisnis Ramah Lingkungan Yang Bisa Kamu Mulai

By administrator | Business | No Comments

Dengan Modal Minim Kamu Bisa Mulai Ide Bisnis Ramah Lingkungan Berikut Ini

Maraknya isu lingkungan hidup saat ini bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin memulai bisnis. Bisnis rumahan yang menjual produk ramah lingkungan? Sebelum mebahas ide bisnis ramah lingkungan, kenalan dengan konsumernya dulu yuk.

ide bisnis ramah lingkungan
bisnis sustainable. source: google

Semakin banyak orang menjadi sadar akan kebutuhan untuk berubah demi bumi. Jadi, jangan mulai bertanya-tanya mengapa orang-orang di sekitar Anda mulai belanja pot-pot tanaman atau memilah sampah.

Mungkin Anda pernah mendengar istilah ‘sustainable living atau green living‘. Itu berarti orang yang memilih gaya hidup yang menghormati dan melindungi planet kita dengan membeli dan menggunakan produk yang tidak merusak komponen lingkungan hidup. Inilah konsumer Anda.

Tidak, Anda tidak perlu membangun perusahaan panel surya. Anda dapat untung hanya dengan bisnis rumahan kecil yang menjual produk ramah lingkungan seperti berikut :

  1. Botol Air Minum

Sebagai salah satu penyumbang sampah plastik terbesar, botol air minum kemasan mulai ditinggalkan. Meski penanganannya dengan mengirim sampah botol plastik ke pabrik daur ulang merupakan ide yang baik, namun konsumer lebih memilih menghindarinya dan membawa botol yang bisa di isi ulang berkali-kali. Oleh karena itu, Anda bisa mulai di ide bisnis botol minum yang ramah lingkungan.

Inovasi Plastik Ramah Lingkungan

  1. Lampu Hemat Energi

Bola lampu standar menguras listrik. Konsumer sekarang beralih ke LED, halogen, atau CFL, karena lebih hemat energi. Lampu jenis ini tidak hanya membantu orang memangkas biaya energi yang sangat besar, namun juga melindungi lingkungan dari bahaya konsumsi energi yang berlebihan.

  1. Lampu Outdoor Tenaga Surya

Sselain lampu hemat energi, lampu taman dengan panel surya juga mulai dilirik untuk menghindari tagihan listrik yang membengkak. Konsumer sekarang menerangi area taman mereka di malam hari dengan memanfaatkan kekuatan matahari saat siang hari.

  1. Baterai Isi Ulang

Baterai sel kering umumnya hanya sekali pakai dan dibuang. Jenis ini menciptakan tumpukan sampah beracun yang berbahaya.Maka dari itu baterai isi ulang sangat diminati sekarang. Baterai ini dapat diisi dengan solar atau charger elektronik. Jika dihitung-hitung Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk baterai baru berulang kali.

  1. Tas Belanja

Di beberapa daerah, penggunaan kantong kresek sudah dihentikan. Mengapa? Alasannya adalah karena produk ini tidak dapat terdegradasi dan pada akhirnya menimbulkan banyak kerusakan pada bumi. Karena itu, ada peluang menguntungkan untuk bisnis tas kain atau tas jaring yang dapat digunakan berkali-kali.

  1. Popok

Sekitar 20 miliar popok sekali pakai digunakan dan dibuang setiap tahun di Amerika Serikat dan Kanada saja. Ini menunjukkan penggunaan popok yang ekstensif di seluruh dunia. Selain berbahaya bagi lingkungan, popok sekali pakai juga berisiko bagi bayi karena bahan kimia yang digunakan dalam pembuatannya. Popok bambu atau kain (clodi) adalah alternatif yang jauh lebih ramah lingkungan.

Mempercepat Proses Penguraian Plastik dengan Aditif

  1. Kotak Makan Kemasan

Untuk memangkas biaya / mengurangi risiko alergi, konsumer sekarang lebih memilih wadah makan siang yang terbuat dari stainless steel atau plastik yang ramah lingkungan daripada wadah plastik tradisional. Kotak makan ini juga bisa meningkatkan nilai makanan buatan sendiri.

  1. Serbet / Tisu

Terlalu banyak pohon dan hutan yang ditebang untuk menghasilkan kertas dan serbet dan tisu. Sekarang, pendukung gaya hidup ‘sustainable‘ beralih ke saputangan yang terbuat dari linen atau katun. Dengan alternatif ramah lingkungan ini dari rumah, Anda tidak hanya menghasilkan uang, tetapi Anda juga akan bergabung dengan komunitas pendukung alam dan membantu melindungi planet kita.

  1. Peralatan kantor

Kertas bekas, kartrid tinta bekas, dan bahan sekalai pakai lainnya yang digunakan di kantor pada akhirnya merusak lingkungan. Banyak industri rumahan yang memproduksi peralatan kantor ramah lingkungan dari jamur misalnya.

  1. Hobi dan Dekorasi Rumah

Masyarakat sekarang mempertimbangkan faktor lingkungan saat mendekorasi rumah mereka. Kegiatan berkebun ataupun urban farming makin digemari. Anda bisa menjual pot tanaman, tempat sampah daur ulang, bak kompos dan bibit pohon.

Hati-Hati Dengan Plastik Ramah Lingkungan Yang Beredar di Pasaran

Kira-kira, ide bisnis apa lagi yang ramah lingkungan menurut Anda? Sudah siapkan Anda berbisnis di-era baru?

disadur dari profitableventure.com

Leave a Comment
Open chat