Seeds Plastic

Plastik Ramah Lingkungan? Ternyata Ada Solusinya!

By administrator | Technology | No Comments

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana mengurangi limbah plastik disaat pandemi seperti sekarang saat plastik sangat dibutuhkan.

Sebagian besar kebutuhan manusia mulai dari peralatan makan, kemasan, peralatan rumah tangga seperti mesin cuci, lemari pendingin, peralatan elektronik, kendaran hingga pakaian sebagian besar membutuhkan plastik sebagai bahan dasarnya. 

Plastik banyak digunakan karena dari karakteristiknya yang mudah di aplikasikan ke berbagai macam barang dan tahan lama serta nilai ekonomis nya murah. Jenis plastik dimuka bumi ini ada banyak sekali. Namun, yang menjadi persoalan saat ini ialah sampah plastik sekali pakai.

Mengapa plastik sekali pakai berbahaya?

Plastik dapat terurai di dalam tanah akan tetapi membutuhkan waktu sangat lama hingga ratusan tahun. Hal ini yang menjadi masalah yaitu tumpukan sampah plastik yang belum sempat terurai secara sempurna, akan tetapi sudah terjadi tumpukan sampah yang baru. 

Ada beberapa cara untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai seperti daur ulang dan mengganti bahan plastik menjadi kayu, stainless steel dan sebagainya. Namun pemakaiannya terbatas, karena masih banyak barang yang perlu plastik sebagai bahan bakunya.

Sedangkan pengolahan daur ulang barang plastik juga tidak mudah karena banyak barang plastik yang karakteristiknya berbeda diakibatkan pencampuran plastik dengan bahan-bahan lainya seperti besi, karet, dan lain-lain.

Solusi lainnya?

Membuat produk plastik ramah lingkungan. Ya, BioPigmenia bekerja sama dengan teknologi yang mampu mengubah plastik menjadi mudah didaur ulang dan cepat terurai di dalam tanah. 

BioPigmenia menjadikan plastik dari minyak bumi seperti PP, PE, PET, HDPE, LDPE dan beberapa jenis lain menjadi plastik ramah lingkungan. Aditif kami tidak merubah karakteristik plastik awal, tidak perlu penggantian mesin, tidak menyebabkan polusi akibat mikroplastik dan memiliki harga ekonomis.

Ayo, mulai jadikan produk plastik Anda produk andalan masa depan yang berkontribusi terhadap lingkungan.

Leave a Comment
Open chat