mendaur ulang plastik

Alasan Mengapa Mendaur Ulang Plastik Itu Penting

By administrator | Berita Nusantara | No Comments

Mendaur ulang itu penting, terutama barang plastik. Sebagian besar dari kita mungkin sudah tahu bahwa kita melakukannya untuk lingkungan. Namun banyak yang mungkin tidak mengerti persis mengapa. Ditambah, mendaur ulang bukan pekerjaan yang mudah jika tidak biasa kita lakukan. Bahan yang berbeda — biasa terdapat nomor atau simbol di bahan tersebut, menunjukkan bagaimana bahan-bahan ini harus didaur ulang, yang berarti mereka harus dipisahkan. Tidak semua orang harus sempurna dalam hal mendaur ulang, baik bahan plastik ataupun jenis material lainnya.

Produk elektronik dan teknologi juga memiliki kategori daur ulang sendiri, yang memaksa kita harus memisahkannya dari produk daur ulang lainnya. Lagi pula, barang-barang yang terbuat dari berbagai bahan atau diwarnai dengan makanan atau minyak sering kali tidak dapat didaur ulang. Pada dasarnya, daur ulang bisa jadi rumit, tapi tetap saja — ini penting! Teruslah membaca untuk mengetahui semua manfaat daur ulang dan mengapa daur ulang itu penting bagi kita yang tinggal di planet ini.

Untuk Keberlanjutan Bumi

Mengurangi Gas Rumah Kaca
Daur ulang itu penting karena sampah memiliki dampak negatif yang sangat besar terhadap alam. Manusia satu-satunya makhluk hidup yang menghasilkan limbah yang tidak mudah terurai oleh alam. Akibatnya, barang- barang ciptaan manusia menghasilkan lebih banyak limbah non-biodegradable sepanjang waktu. Tempat pembuangan sampah cepat terisi dan sampah melepaskan bahan kimia berbahaya (metana) yang berimbas pada gas rumah kaca. Dengan mendaur ulang semua limbah, Anda mengurangi polusi yang disebabkan oleh manusia. Daur ulang membutuhkan energi yang lebih sedikit dibandingkan dengan membuat produk dari bahan mentah dan oleh karena itu menekan pengeluaran energi yang lebih besar.

“Pastikan Anda memahami apa yang dapat didaur ulang, bagaimana Anda harus memisahkan elemen dari kemasan agar sesuai untuk didaur ulang dan bagaimana prosesnya bekerja di area Anda, jadi Anda meletakkan barang yang benar di tempat sampah yang benar untuk memastikan limbah Anda tidak tidak berakhir di TPA.”

Sarah Spencer, Pendiri, dan Direktur Eco Passion

Mendaur Ulang Barang Elektronik Dapat Mencegah Habisnya Mineral
Jumlah limbah elektronik yang dikirim ke tempat pembuangan sampah dan insinerator sangat banyak. Mereka mengandung logam dan plastik yang terbuat dari berbagai senyawa yang, saat terurai, benar-benar berbahaya. Pengisi daya, kabel, dan kabel mengandung banyak tembaga yang tidak mudah diperoleh dan mendaur ulang-nya dengan benar adalah cara yang bagus untuk mendapatkan kembali semua tembaga dan plastik itu tanpa ikut serta dalam kerusakan tambang mineral.

Menurut Recycling Industries (ISRI), mendaur ulang logam dapat mengurangi emisi berbahaya yang menyebabkan pemanasan global dari 300 hingga 500 juta ton. Menggunakan logam daur ulang — alias besi tua — sebagai pengganti logam “baru” juga mengurangi limbah pertambangan hingga 97 persen. Institut Kesehatan Nasional juga melaporkan bahwa besi tua membutuhkan lebih sedikit air.

Mencegah Pencemaran Lingkungan
Manusia telah mempercepat rusaknya ekosistem selama beberapa dekade terakhir dan ekstraksi sumber daya terus mengancam karena populasi dunia terus bertambah. Dengan demikian daur ulang dianggap penting bagi umat manusia untuk melindungi masa depan bumi. Seiring dengan kemajuan teknologi, kebutuhan untuk mengekstrak lebih banyak bahan mentah dari lingkungan menjadi semakin mahal, yang juga menghabiskan banyak energi. Saat kita mendaur ulang, kita mengekstrak lebih sedikit, yang mengubah sumber daya alam kita yang berharga. Semakin banyak kita mendaur ulang, semakin kita dapat melindungi sumber daya kita. Sekarang dengan banyaknya orang yang peduli dengan lingkungan dan perlindungannya, daur ulang juga dianggap sebagai pencipta lapangan kerja.

Mendaur ulang plastik misalnya. Plastik menggunakan bahan baku minyak bumi yang bukan sumber energi berkelanjutan. Dengan mendaur ulang barang-barang plastik, kita bisa menjaga cadangan minyak bumi yang semakin menipis agar tidak hilang.

mendaur ulang plastik

Untuk Keberlanjutan Manusia

Sampah Mempengaruhi Air, Dan Pada Akhirnya Kesehatan Kita
Beberapa pantai, lahan basah, dan jalanan, dipenuhi sampah. Untungnya, banyak organisasi hebat yang membantu dan mengorganisir pembersihan demi air yang lebih bersih. Mengurangi sampah sejak awal adalah cara termudah untuk mulai sadar lingkungan. Membatasi penggunaan plastik sekali pakai adalah cara paling efektif dan penting untuk membuat perbedaan. Setelah itu, mendaur ulang dengan benar dan pengomposan dapat sangat mengurangi jumlah sampah yang tercipta dan mikro plastik di lingkungan kita.

“Banyak orang mungkin berpikir mereka tidak punya waktu atau tidak penting, tetapi sebenarnya mengurangi sampah mempengaruhi air kita, lingkungan kita, dan pada akhirnya kesehatan kita. Asma pada anak-anak dan orang dewasa berkembang karena kualitas udara, ada banyak masalah yang berkaitan dengan kualitas air yang buruk, dan makanan kita dapat terkontaminasi oleh sampah di lingkungan.”

Ryan Zofay, Pendiri We Level Up / Level Up Treatment

Penciptaan Lapangan Kerja
Daur ulang membutuhkan banyak peranan. Jika tindakan daur ulang dilakukan, banyak pabrik daur ulang akan didirikan. Lebih banyak pabrik daur ulang berarti lebih banyak pekerjaan. Secara statistik, sistem daur ulang membuat peluang kerja 10 kali lebih banyak daripada pengelolaan sampah TPA biasa. Mendaur ulang 14.000 ton limbah menghasilkan sembilan pekerjaan, dan menumbuhkannya menciptakan tujuh pekerjaan. Sedangkan sistem pengelolaan sampah langsung buang hanya menghasilkan satu pekerjaan. Memilih untuk mendaur ulang tidak hanya baik untuk atmosfer, tetapi juga baik untuk resesi.

Menyalurkan Ide dan Kreativitas
Kami menyadari bahwa saat ini sekolah-sekolah di Indonesia sudah mulai memasukkan kurikulum tentang daur ulang dalam pelajarannya. Dan hal ini sangat bagus. Anak-anak tidak hanya di sekolah, tetapi juga di rumah, mulai paham pentingnya daur ulang. Pengetahuan dasar tentang lingkungan dapat menjadi cara memulai diri kita sendiri untuk membantu alam. Ini akan mencegah polusi dan mengurangi jumlah limbah yang dibuat oleh kita manusia. Tetapi faktor penting lainnya dari daur ulang adalah memungkinkan kita menyalurkan kreativitas kita juga. Mendaur ulang mengajarkan kita bagaimana membuat sesuatu dari apa pun yang kita anggap sampah, misalkan membuat pot dari sendok plastik. Ini mengembangkan ide dan keterampilan kami melalui cara yang bermanfaat dan praktis.

Pentingnya Mendaur Ulang Plastik

Secara umum, penting untuk mendaur ulang bahan apa pun yang dapat didaur ulang, tetapi karena plastik adalah bagian terbesar dari limbah padat yang dibuat manusia, maka sangat penting untuk mendaur ulang plastik.

Ketika plastik dikirim ke tempat pembuangan sampah, itu tidak akan hancur. Faktanya, plastik jarang terurai secara organik karena tidak dapat terurai secara hayati. Ditambah dengan fakta bahwa banyak barang plastik yang digunakan manusia adalah sekali pakai, artinya hanya digunakan sekali sebelum dibuang, dan tidak heran 4waste melaporkan bahwa 30 juta ton plastik dibuang setiap tahun.

Karena plastik membutuhkan waktu antara 500 hingga 1.000 tahun untuk benar-benar terurai, mendaur ulang plastik adalah alternatif yang lebih baik. Krena tidak dapat membuang bahan secara alami, jadi lebih baik menggunakannya kembali dengan mendaur ulang menjadi sesuatu yang lain.

Plastik Bio Degradable BioPigmenia

Biopigmenia, memfasilitasi produksi plastik ramah lingkungan yang dapat didaur ulang dengan mudah. Selain dapat diproduksi menjadi barang plastik baru, produk plastik yang telah dicampur oleh BioPigmenia akan terurai 100 kali lebih cepat daripada jenis plastik biasa. Kecepatan dekomposisi plastik BioPigmenia ini juga membuat produk kami berkelanjutan, dan berpartisipasi dalam mendukung program ekonomi sirkular pemerintah.

Anda tidak perlu khawatir produk Anda mencemari lingkungan, karena aditif kami telah lulus sertifikasi lingkungan Indonesia, ASTM Amerika dan sertifikasi lainnya yang dapat Anda lihat di sini.

silicon bag biopigmenia

Anda hanya perlu menambahkan BioPigmenia sebanyak 1%, dalam proses produksi. Yaitu, ketika proses laminasi atau proses injeksi dilakukan, produk yang dihasilkan telah menjadi produk plastik yang tidak merusak lingkungan. Dosis rendah tidak membuat karakter biji plastik berubah. Terlebih lagi, aditif kami dapat digunakan di berbagai jenis biji plastik, mulai dari PP, PE, PET, PS, EVA, Polyester, dan lain-lain.

Hubungi kami di info@biopigmenia.com untuk informasi terkait produk.

Daur ulang memungkinkan kita untuk memperpanjang kehidupan manusia di bumi ini dengan melestarikan apa yang tersisa dari lingkungan kita. Mulailah beralih menjadi produsen maupun konsumen yang lebih bijak dalam memilih kebutuhan Anda.

Leave a Comment
Open chat