plastik bio degradable

Keuntungan Memilih Plastik Bio Degradable Selain Untuk Lingkugan

By administrator | Business | No Comments

Plastik sudah menjadi ancaman bagi bumi. Itu sebabnya sekarang telah beredar plastik bio degradable atau plastik yang lebih ramah lingkungan.

Apa sih sebenarnya plastik Bio Degradable itu?

Plastik bio degradable adalah biji plastik biasa yang telah dicampur aditif yang membuatnya terurai secara alami didalam tanah dimakan oleh bakteri. Mereka dibuat khusus sehingga dapat hilang lebih cepat daripada plastik biasa pada umumnya. Seperti yang kita ketahui, plastik membutuhkan waktu ratusan tahun agar bisa terurai dan hilang dari bumi. Karena itulah, pembeli yang sadar lingkungan mulai mengincar plastik bio degradable.

plastik bio degradable

Lalu, apakah keuntungan lainnya?

Kuat
Plastik bio degradable dapat di campur dengan material lain maupun sesama plastik. Aditif yan dicampurkan pada plastik ini tidak akan mengubah bentuk plastik awal. Ketahanan terhadap panas, beban berat, maupun benturan tetap sama dengan plastik pada umumnya.

Tidak berbahaya
Jika dibandingkan dengan plastik bioplastik, atau plastk yang terbuat dari sayur / umbi, plastik bio degradable aman. Bioplastik memang lebih cepat terurai dibanding bio degradable. Namun bioplastik jika dibuang sembarangan dapat membentuk gas metana yang berbahaya karena mudah terbakar.

Jembatan Bisnis Baru

Perusahaan besar seperti coca-cola mulai melirik jenis plastik ini. Mungkin Anda sudah mulai banyak melihat botol air minum dari perusahaan tersebut yang sudah ber-label bio degradable. Hebatnya lagi, plastik ini bisa didaur ulang, tidak seperti bioplastik yang cepat membusuk, atau oxodegradable yang cepat terkikis. Jadi, memungkinkan proses pembuatan barang jadi lagi sebelum terbuang. Tahun 2016, China memproduksi sekitar 290,000 ton plastik bio degradable. Mereka memakai 130,000 ton untuk lokal, dan mengekspor sisanya dalam kurun waktu setahun tersebut. 

Pelajari Beda Bioplastik, Oxodegradable dan Bio Degradable

Plastik merupakan inovasi dari produk minyak bumi dan berkembang pesat dalam penggunaannya. Namun karena tuntutan kondisi bumi saat ini, produsen plastik mulai berinovasi menciptakan jenis plastik ramah lingkungan.

Dalam kasus-kasus tertentu, membuat plastik ramah lingkungan seperti bioplastik mengharuskan pabrik mengganti mesin yang benar-benar cocok untuk produksi plastik ramah lingkungan. Akhirnya, biaya membuat plastik tersebut menjadi mahal karena bahan dan kebutuhan penggantian mesin.

Di Indonesia, plastik bio degradable sudah ada dan dipasarkan oleh BioPigmenia.

Dengan Biopigmenia Anda hanya perlu menambahkan aditif hanya sebesar 1% dalam proses pembuatan plastik ramah lingkungan. Teknologi biodegradable BioPigmenia memudahkan mikroorganisme didalam tanah maupun kompos untuk melubangi area plastik dari dalam.

Dengan menggunakan Biopigmenia, beragam jenis plastik, tempat, dan peralatan makan plastik, kantong kresek, plastik gula, benang poliester dapat berubah menjadikan produk plastik ramah lingkungan dengan harga lebih murah.

Ingat. Proses daur ulang plastik juga tidak bisa dilakukan terhadap semua jenis plastik berlabel ramah lingkungan. Terutama oxodegradable, karena sifatnya yang mudah rapuh. Karena itulah plastik bio degradable BioPigmenia lebih unggul dibanding jenis plastik eco-friendly lain.

Proses Daur Ulang Plastik Biopigmenia Lebih Cepat Dari Plastik Lainnya

Karakter asli plastik yang tahan terhadap air, tahan lama, ringan dan murah menyebabkan plastik menjadi bahan utama produksi segala bentuk barang.

Jenis biji plastik yang digunakan tergantung dari jenis produk yang akan diproduksi, misal :
⦁ Untuk membuat kantong plastik bisa menggunakan PE. LDPE
⦁ Gelas dan botol plastik bisa menggunakan PET
⦁ Plastik kemasan bisa menggunakan PE, BOPP dll
⦁ Peralatan rumah tangga bisa menggunakan PP, PE PS dan lain-lain
⦁ Pakaian bisa terbuat dari polyester
⦁ Tali pancing dan peralatan yang membutuhkan kekuatan dan tahan panas bisa menggunakan Nylon

Segala macam biji plastik dari minyak bumi dapat dibuat menjadi plastik ramah lingkungan dengan penambahan BioPigmenia.

Leave a Comment
Open chat