kurangi plastik rumah tangga

5 Cara Mengurangi Plastik di Rumah dan Keluarga

By administrator | Modern | No Comments

Lingkungan hijau dan rumah yang bersih pasti dambaan setiap keluarga. Salah satu ukuran menilai rumah yang menjalankan gaya hidup berkelanjutan (sustainable) adalah dengan minimalnya sampah plastik yang dihasilkan. Bagi keluarga maupun anggota rumah, hidup berkelanjutan dimulai dengan mendidik anak-anak untuk turut menjaga kebersihan. Dan langkah apa yang bisa kita ambil untuk memastikan anak-anak kita memiliki masa depan hijau ini?

Dalam satu rumah tangga, terdapat berbagai jumlah anggota keluarga. Bila hanya tinggal seorang diri, anggota keluarga satu-satunya tersebut harus memastikan gaya hidupnya sudah berkelanjutan demi menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

Jika didalam rumah terdapat lebih dari satu anggota keluarga, kita bisa menjadi anggota yang membawa perubahan. Sadarkah Anda bahwa terkadang perubahan kecil yang kita lakukan dapan mempengaruhi sekitar kita, terutama keluarga.

Mulailah dengan hal-hal sederhana.

Tips Mengurangi Sampah Plastik Rumah Tangga

kurangi plastik rumah tangga
sikat gigi bambu

Di pagi hari, apa hal pertama yang Anda ambil saat bersiap-siap? — Sikat gigi. Data dari roundup.com menyatakan, lebih dari 4,7 miliar sikat gigi plastik ditemukan di tempat pembuangan sampah setiap tahun. Seberapa sulitkah beralih ke sikat gigi bambu yang sederhana dan efektif untuk semua anggota keluarga? Dengan mengganti sikat gigi plastik di rumah Anda, Anda sudah menyelamatkan lahan Anda sendiri dari sampah plastik.

jual plastik
botol minum reusable

Ingatkah Anda kebiasaan dari kecil saat masuk sekolah? Apa yang selalu kita bawa kesekolah selain buku pelajaran dan tas? Ya. Botol minum dan wadah makan sendiri. Sebuah kebiasaan harusnya tetap kita bawa saat dewasa. Penyebabnya sebagian besar adalah waktu. Dengan kesibukan dan teknologi, kita pasti memilih memesan pesan antar via ojol. Namun bayangkan berapa banyak sampah kresek yang kita buang jika setiap hari memesan makan online? Pastikan Anda mengemas botol (stainless, plastik ramah lingkungan atau kaca) di tas Anda sebelum keluar rumah. Dengan cara ini Anda mengucapkan selamat tinggal pada banyak botol plastik sekali pakai yang berserakan.

reusable straw
reusable straws with brush

Ucapkan selamat tinggal pada sedotan. Sore hari kita terbiasa mencari camilan. Baik itu milkshake atau kopi favorit. Bawalah sedotan Anda sendiri di tas Anda, ke mana pun Anda pergi. Lebih dari 8,3 miliar sedotan plastik digunakan dan dibuang setiap tahun. Jangan lupa bawa sikat pembersih untuk mencucinya saat Anda selesai.

Beli barang baru dengan bijak. Saat berbelanja secara online atau membeli dari supermarket lokal, jadilah konsumen yang cerdas. Untuk setiap paket kecil yang Anda pesan, Anda akan membuang banyak selotip plastik. Terapkan untuk selalu membeli dari toko yang sama dan dalam jumlah besar jika Anda belanja. Selotip atau kantung plastik yang mengotori rumah tentu pada akhirnya akan terbuang begitu saja di lingkungan.

Edukasi Pentingnya Daur Ulang Plastik

Mengapa mengurangi plastik, dan memilih jenis plastik yang ramah lingkungan itu penting?

Plastik sejatinya tidak bisa terurai dalam waktu singkat seperti bahan organik. Karena itulah plastik sangat digemari sebagai wadah maupun barang rumah tangga. Penting bagi anggota keluarga untuk mengajarkan pentingnya mengadopsi praktik diatas. Plastik jangan hanya dipakai sekali lalu dibuang.

Tahukah Anda, sedotan saja, kita hanya perlu memakainya selama 5 menit, tapi dia tidak akan hilang dari muka bumi selama beratus-ratus tahun. Inilah mengapa kita harus memakai ulang (reuse) barang plastik yang kita punya. Dan mendaur ulangnya (recycle) bila barang tersebut tidak bisa digunakan kembali.

Plastik yang didaur ulang, akan digunakan untuk membuat barang lain yang kualitasnya setara atau dibawah barang lama. Dan tidak menutup kemungkinan, nilainya bisa diatas barang plastik sebelumnya. Contoh saja brand terkenal seperti Adidas, Nike dan Timberland yang sudah mengeluarkan sepatu sneakers baru yang terbuat dari hasil daur ulang botol plastik. Coba perhatikan barang-barang di rumah Anda, adakah yang terbuat dari hasil daur ulang plastik?

Selain mendaur ulang dan memakai kembali barang plastik lama. Perhatikan juga saat Anda ingin membeli barang plastik baru. Pilihlah jenis plastik yang biodegradable. Atau plastik ramah lingkungan.

BioPigmenia, salah satu yang mempelopori plastik ramah lingkungan di Indonesia, membantu segala jenis plastik Anda lebih mudah terurai. Aditif kami juga memastikan barang plastik yang dicampur tetap bisa didaur ulang. Dengan BioPigmenia, Anda tidak perlu ragu dengan kualitas plastik yang dihasilkan. Karena Anda hanya membutuhkan 1% aditif kami. Hubungi kami untuk pertanyaan lebih lanjut.

Jadikan rumah dan lingkungan Anda tetap bersih dan berkelanjutan dengan BioPigmenia.

Leave a Comment
Open chat